Minggu, 05 Juli 2015

Selama Masa Pertumbuhan Sebaiknya...


  1. Nikmati makanan yang ada. Karena saat ini kita sedang tumbuh, makannya jangan terlalu milih-milih makanan. Bukan berarti kamu boleh makan berlebihan lho. Coba nikmati makanan yang ada di meja makan. Sekarang udah ngga jaman deh ngga suka sama sayur. Sayur itu penting karena sumber vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh kita.
  2. Selalu sarapan. Jangan lupa sarapan meskipun sedikit. Sarapan itu baik karena mendukung aktivitas belajar di sekolah. Kenapa ? Dengan sarapan teratur kita dapat memberikan tubuh energi yang dibutuhkan oleh otak untuk menangkap pelajaran yang diberikan. selama tidur 6-8 jam di malam hari kita sama sekali ngga makan (kecuali buat kamu yang bisa makan sambil tidur), pada saat itu tubuh menggunakan cadangan energi untuk tetap dapat bekerja. Jangan salah, waktu tidur jantung, paru-paru, dan organ-organ tubuh lainnya masih tetap bekerja. Waktu bangun tidur tanpa terasa badan kita sidah menggunakan banyak energi. Coba bayangkan kalau kita tidak makan setelah itu. Tenaga kita pasti bakal terkuras habis. Nggak perlu sarapan dalam jumlah banyak kalau emang ngga terbiasa sarapan. Kalau kamu tergolong sibuk dan tidak sempat menyiapkan makanan berat, cobalah roti atau sereal instan. Ingat, yang penting SARAPAN !
  3. Pilih jajanan sehat. di antara waktu makan (misal antara sarapan dan makan siang), kita emang perlu energi tambahan. Apalagi saat belajar di sekolah, kita menghabiskan banyak energi buat berpikir. Karena itu kita perlu makanan selingan atau jajanan. Tapi harus pinter-pinter milih jajanan lho. Jajanan sehat itu jajanan yang banyak mengandung zat gizi seperti energi, protein, vitamin, dan mineral serta tidak menggunakan bahan berbahaya seperti pewarna buatan dan pengawet.
  4. Tidak ada salahnya mencoba makanan baru. Saat remaja kita semua pasti pengen mencoba macam-macam hal. Salah satunya mencoba makan-makanan baru. Nggak ada salahnya memang. Tapi kita harus ingat bahwa makanan kit harus mencukupi kebutuhan secara keseluruhan. Jadi kalau makanan yang kamu coba nggak sehat, kurang bergizi, atau justru berbahaya (karena ditambah pengawet atau pewarna yang ngga aman) sebaiknya tinggalin aja deh !
  5. Makan dengan teratur. Makan teratur itu penting lho. Orang yang lagi diet nurunin berat badan makannya juga harus teratur. kalau kita menghindari waktu makan tertentu biasanya akan makan lebih banyak waktu setelahnya atau bisa jadi malah makan camilan lebih banyak. Wah, kan bisa gawat tuh. Niatnya mau nurunin berat badan, eh malah nambah. (DIET SERU ALA REMAJA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar