Senin, 06 Juli 2015

Kanker Itu Apa ?

Hari ini gue bahas kanker ya guys...
Mari kita mengenal kanker dengan harapan kita bisa terhindar darinya dan mampu memikirkan penyelesaian tuntasnya permasalahan level dunia satu ini.
Pertama kita harus tau tuh definisi kanker. Kanker itu apa sih ? Ada yang tau ? Definisi kanker cenderung berbeda satu sama lain. Ada yang mengatakan bahwa kanker itu telah ada di tubuh setiap orang. Hanya saja dia dalam kondisi diam. Apabila ada hentakan yang kuat dan berulang membuat terbangun, maka dia akan menunjukkan keganasannya. Benarkah itu ? Mari kita tinjau kembali dari definisi-definisi yang telah dirangkum oleh peneliti-peneliti kanker di seluruh penjuru dunia.
Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh terganggunya kontrol regulasi pertumbuhan sel-sel normal. Sebagai bukti dari terganggunya kontrol regulasi sel-selnya, kanker memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan sel-sel normal di dalam tubuh kita :
Pertama...
Sel kanker tak mengenal program kematian sel yang dikenal dengan nama apoptosis. Apoptosis sangat dibutuhkan untuk mengatur beberapa jumlah sel yang dibutuhkan dalam tubuh kita, yang mana semuanya fungsional dan menempati tempat yang tepat dengan umur tertentu. Bila telah melewati masa hidupnya, sel-sel normal (non kanker) akan mati dengan sendirinya tanpa ada efek peradangan (inflamasi). Sel kanker dengan karakteristik tersebut adalah sel kanker yang sangat bandel. Dia akan terus hidup meski seharusnya mati (immortal).
Kedua...
Sel kanker tidak mengenal komunikasi ekstra seluler atau asosial. Komunikasi ekstra seluler diperlukan untuk menjalin koordinasi antar sel sehingga mereka dapat saling menunjang fungsi masing-masing. Dengan sifatnya yang asosial, sel kanker bertindak semaunya sendiri tanpa peduli apa yang dibutuhkan oleh lingkungannya.
Ketiga...
Sel kanker mampu menyerang jaringan lain (invasif), merusak jaringan tersebut dan tumbuh subur di atas porak-porandanya jaringan lain.
Keempat...
Untuk mencukupi kebutuhan pangan dirinya sendiri, sel kanker mampu membentuk pembuluh darah baru (neoangiogenesis) meski itu dapat mengganggu kestabilan jaringan tempat ia tumbuh.
Kelima...
Sel kanker memiliki kemampuan super hebat dalam memperbanyak dirinya sendiri (poliferasi) meski seharusnya ia sudah tak dibutuhkan dan jumlahnya sudah melebihi kebutuhan.
Kanker dapat menimpa semua orang pada semua bagian tubuh dan semua golongan umur. Kanker dapat timbul pada pria, wanita, maupun anak-anak bahkan bayi seklipun. Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan atau gejala, bila sudah ada keluhan atau gejala biasanya penyakitnya sudah lanjut.
Kanker tidak hanya merupakan satu tipe penyakit melainkan kumpulan beberapa penyakit. Lebih dari 100 tipe dari kanker telah ditemukan. Sebagian besar kanker dinamakan sesuai organ atau tipe sel di mana sel kanker mulai berada. Sebagai contoh, kanker yang di mulai dari kolon disebut kanker kolon, kanker yang terjadi pertama kali di sel basal dari kulit disebut karsinoma sel basal.
Berikut ini adalah kategori kanker yang telah dikenal saat ini :
Pertama Karsinoma...
Yaitu jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas, dan esofagus.
Kedua Limfoma...
Yaitu jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan limfe, lacteal, limfa, berbagai kelenjar limfe, timus, dan sumsum tulang. Limfoma spesifik antara lain adalah penyakit Hidgkin (kanker kelenjar limfe dan limfa).
Ketiga Leukemia...
Kanker jenis ini tidak membentuk massa tumor, tetapi memenuhi pembulih darah dan mengganggu fungsi sel darah normal.
Keempat Sarkoma...
Yaitu jenis kanker di mana jaringan penunjang yang berada di permukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel-sel yang ditemukan di otot dan tulang.
Kelima Glioma...
Yaitu kanker susunan syaraf, misalnya sel glia (jaringan penunjang) di susunan syaraf pusat.
Keenam Karsinoma in situ...
Yaitu istilah yang digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas di daerah tertentu sehingga masih dianggap lesi prainvasif (kelainan/luka yang belum menyebar).
Kanker (dalam bahasa medis disebut Cancer/Carsinoma) adalah pertumbuhan sel tubuh yang memang ada secara normal dalam setiap bagian organ tubuh kita, hanya saja pertumbuhan sel ini menjadi tidak normal dikarenakan berbagai sebab atau faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya dan cenderung tumbuh ke arah keganasan.
Jadi, secara sederhana kanker dapat diartikan sebagai sel-sel abnormal yang bereproduksi secara tak terkendali yang membelah diri dan menyebar serta menyerang ke jaringan tubuh yang sehat.
Tubuh kita dimulai dari sebuah sel tunggal pada saat pembuahan. Melalui proses pembelahan sel. Mereka mulai mengambil bentuk, sel-sel yang sudah membelah menjadi dua sel baru, membelah lagi membentuk sel-sel lain.
Apabila sistem kekebalan tubuh tidak normal dan lemah, maka sel yang ganas akan menyerang dan risiko terkena kanker sangat besar, tetapi kadang kekebalan tubuh yang normal juga tidak bisa menjamin bahwa seseorang tidak bisa terserang kanker.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar